PROGRAM PENDIDIKAN KAMI

Program pendidikan IOA berfokus pada kegiatan peningkatan kualitas para pendidik tingkat SD berupa pelatihan, seminar, expert sharing, pembentukan komunitas pembelajar, dll.  Setelah program pelatihan dijalankan, kami juga mengamati dan mengevaluasi perkembangan setiap kepala sekolah dan guru di sekolah binaan kami. Tanggapan terhadap program ini sangatlah luar biasa. Kami dapat melihat kemajuan yang nyata terutama dalam sikap mereka. Para peserta pelatihan menjadi lebih antusias dan berdedikasi. Kami memperlakukan seluruh guru dan kepala sekolah sebagai rekan, bukan objek. Kami sejajar. Kami sangat menghargai dan mendorong segala masukan dan umpan balik mereka. Kami melibatkan setiap orang di sekolah untuk berpartisipasi dalam keseluruhan program sehingga hasilnya lebih baik dan cepat tercapai.

Beberapa kegiatan yang telah kami lakukan :

Tahun 2009 – 2010 : Melaksanakan serangkaian pelatihan Kepemimpinan Transformational kepada lebih kurang 200 orang guru dan kepala sekolah dari sekolah binaan kami yakni SDN Duri Pulo 1-10 (10 sekolah), Sekolah Kasih Bunda, dengan fasilitator Prof. I Gede Raka, Mantan Guru Besar ITB. Program ini ditutup dengan kegiatan Festival Inovasi

Tahun 2009 : Membiayai ribuan siswa kurang mampu untuk mengikuti olimpiade sains tingkat Nasional

Tahun 2011 :  Sains Film Festival di Gowa, Sulawesi Selatan, dihadiri oleh 600 siswa setingkat SD dan SMP

Tahun 2012 : Seminar pendidikan nasional dengan pembicara Dr. Roelande Hofman dari University of Groningen, Belanda,

Tahun 2012 : Kompetisi pembuatan video pengajaran bagi guru SD (Akademi IOA)

Tahun 2013 : Seminar Pendidikan Tips Memilih Alat Permainan yang Berdampak Positif bagi Anak, dengan pembicara Ibu Dra. Ike Anggraika dari Fakultas Psikologi UI. Seminar ini diikuti oleh 86 peserta guru dan kepala sekolah di Jakarta.

Tahun 2012 – saat ini : Program Pelatihan Kepemimpinan Transformational di Waingapu, Sumba Timur, NTT yang telah dijalankan sejak Juli 2012 dimana IOA bekerjasama dengan Prof. I Gede Raka. Program ini terdiri dari :

  • Program Kepemimpinan Transformational untuk guru, kepala sekolah, Pengawas, Dosen berjumlah 761
  • Program Pelatihan Kreativitas untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan.
  • Selain itu, kami juga mengadakan Program Train the Trainers untuk para calon instruktur lokal yang akan meneruskan program ini di Sumba Timur. Pelatihan ini diikuti oleh Guru, Kepala Sekolah, Pengawas tingkat Sekolah Dasar dan Dosen STIE Wira Wacana.
  • Pembentukan Komite Komunitas Pembelajar di Sumba Timur. Komite ini merupakan wadah untuk membangun komunikasi dan kebersamaan para alumni peserta pelatihan program IOA. Program yang akan dilaksanakan antara lain : seminar pendidikan, bedah buku, pembuatan karya ilmiah, program refreshment, dll.

2015 – saat ini : Pelatihan Pembelajaran Sains Kreatif  bersama Kelas Lentera Kuark dan pelatihan Joyful Learning in Math bekerjasama dengan South East Asian Ministries of Education Organization  (SEAMEO) Qitep in Math. Khusus dengan SEAMEO, kerjasama dilakukan selama 5 tahun dimulai tahun 2016 untuk pelatihan matematika di Sumba Timur.

Kami sangat berbangga karena saat ini kami sudah memiliki 17 orang Pelatih Lokal untuk program Transformational Leadership dan 40 orang Pelatih Lokal program Pembelajaran Sains Kreatif. Mereka telah menjalankan beberapa pelatihan mandiri untuk rekan guru di Sumba Timur dengan baik. Kami juga sangat berterima kasih karena Pemerintah Daerah telah berkenan untuk mengalokasikan dana untuk  pelatihan kami.  Hingga bulan November 2016, pelatihan Transformational Leadership telah menjangkau 761 pendidik. Sampai akhir tahun 2017, kami berencana untuk menggenapkan hingga 1000 orang guru (1/3 dari total 3000 guru di Sumba Timur) yang telah kami latih.