LAPORAN PELATIHAN MATEMATIKA DI KEJAJAR, DIENG, 22-27 JULI 2019

Pelatihan Peningkatan Kompetensi Profesional dan Pedagogik bagi Guru SD dalam Muatan Mapel Matematika yang merupakan kerjasama baik antara Perkumpulan IOA dan Nusantarun Chapter 5 (www.nusantarun.com) dilaksanakan pada tanggal 22-27 Juli 2019 bertempat di SD Maarif Tieng, Kejajar, Wonosobo. Pelatihan diikuti oleh 138 guru kelas dan kepala sekolah dari 24 SD di Kejajar yang dibagi menjadi 2 batch @ 3 hari dimana per batchnya dibagi menjadi 2 kelas pararel yang masing-masing difasilitasi oleh 2 fasilitator. Pelatihan berlangsung mulai pukul 07.30-16.30 WIB setiap harinya. Kepala sekolah diikutkan dalam pelatihan ini agar mereka juga nantinya dapat membantu mensupervisi pembelajaran matematika di sekolahnya.

Pelatihan ini terlaksana dengan bantuan SEAMEO Qitep in Science (www.qitepinscience.org)) yang menyediakan para fasilitator dan narasumber pelatihan yang berasal dari Seaqis, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Prov. Jawa Tengah dan Dinas Pendidikan Kota Bandung. Para fasilitator pelatihan sbb :
– Dr. Indrawati, M.Pd. – Direktur SEAMEO Qitep in Science
– Dr. Poppy Kemala Devi – Deputy Director SEAMEO Qitep in Science
– Dr. Gunawan Anggia Rahman – Anggota Tim Pengembangan Kurikulum Disdik Pemkot Bandung
– Dra. Erwin Roosilawati, M.Pd. – LPMP Prov. Jawa Tengah
– Pujiadi, M.Pd, M. Kom. – LPMP Prov. Jawa Tengah
– Dra. Yanti Mulyati, M.Pd. – Instruktur Nasional Mapel Matematika
– Yudi Yanuar, M.T. – Fasilitator Divisi R & D SEAMEO Qitep in Science
– Widi Wisnu Gumilar, A.Md. – Evaluator Divisi R & D SEAMEO Qitep in Science

Pelatihan dibuka pleh Bapak M. Faizi selaku Kepala Bidang Pengembangan Kurikulum Disdikpora Kab. Wonosobo dan dihadiri juga oleh Koordinator Wilayah dan Pengawas SD Kec. Kejajar. Dalam acara pembukaan pelatihan ini, Bapak M. Faizi menyampaikan ucapan terima kasih pada IOA atas pelatihan-pelatihan yang telah dilaksanakan sejak tahun 2018. Pelatihan yang bekerjasama dengan institusi terkemuka di bidangnya sepertti SEAQIS dan MPS ini bahkan belum pernah dilaksakan di Kab. Wonosobo sehingga sangat diharapkan pelatihan ini juga bisa diperluas ke kecamatan lainnya serta di tingkat SMP agar impactnya dapat lebih luas dirasakan.

Materi pelajaran yang disampaikan terintegrasi dengan Kurikulum 2013 yang wajib dilaksanakan di seluruh sekolah mulai tahun ini. Materi yang disampaikan antara lain : Penguatan materi subjek matematika seperti Bilangan, Geometri, Pengukuran dan Pengolahan Data ditambah dengan Model Pembelajaran Matematika Realistik. Media Pembelajaran dan Penilaian Pembelajaran serta Pretes, Postes dan Rencana Tindak Lanjut. Secara keseluruhan, pelatihan berjalan lancar dan para peserta sangat antusias dengan materi yang disajikan dan terlibat aktif dalam setiap aktifitas. Selama ini pelatihan Kurikulum 2013 hanya membahas kurikulumnya saja, namun pelatihan matematika dan sains sudah memberikan praktik baiknya secara langsung sehingga guru merasa sangat terbantu dalam penyampaian materi kepada para siswanya.

Pelatihan berikutnya akan dilaksanakan tanggal 22-24 Agustus di Kejajar dan 26-31 Agustus di Batur. Tanggal 21 Agustus, Direktur Eksekutif IOA akan mengadakan rapat dengan Dinas dan Forum Kepala Sekolah Kec. Kejajar untuk membahas persiapan Festival Inovasi yang rencananya akan diadakan akhir tahun ini.

Spread the love